Search This Blog

Monday, 2 March 2015

Simple Tutorial AutoCAD 2D


Cara Membuat Kotak (Rectangle)

-          Ketik Rectangle atau cukup degan ketik Rec lalu Spasi/Enter

-          Masukan Ukuran Panjang lalu koma Lebarnya missal : 300,200

-          Spasi/Enter
 





Cara Membuat Round Rectangle

-          Dari Kotak yang sudah jadi kemudian ketik F untuk perintah FILLET lalu Spasi/Enter

-          Ketik R untuk perintah RADIUS lalu Spasi/Enter

-          Masukan Nilai Radius yang diinginkan misalnya : 10

-          Selanjutnya Klik garis sisi vertikal kemudian garis horisontalnya

-          Secara otomatis Siku pertemuan kedua garis tersebut akan membentuk Radius sebesar R.10

 
 

Menggunakan Offset

-          Klik Round Rectangle yang sudah dibuat tadi

-          Lalu ketik O dan tekan Space

-          Kemudian Tarik dari titik awal Offset untuk objectnya misalnya untuk gambar ini ambil titik tengah lebarnya

-          Cukup sorot sampai membentuk tanda segitiga (menandakan rata tengah)lalu Tarik ke luar object untuk Offset keluar sampai ukuran yang diinginkan

-          Klik Objectnya kembali lalu klik di sisi luar Object

-          Maka akan muncul hasilnya
 



 
  
 
Memindahkan Object
-          Klik Object yang akan di pindahkan
-          Ketik M (MOVE) lalu Spasi
-          Arahkan Pointer pada posisi titik tengah salah satu sisi Object sampai pointer menjadi bentuk Segitiga
-          Klik kemudian tahan dan di Tarik (Drag) hingga posisi titik tengah sisi bawah Object kedua


 



 
 Membuat Lingkaran berdasarkan titik tengah Object lain (Circle)
-          Ketik C(Cyrcle) lalu Spasi/Enter
-          Bawa Pointer pada posisi tengah sisi bawah object yang sudah ada
-          Tarik mouse kea rah bawah sehingga membentuk track garis putus menandakan jalur tarikan sampai posisi yang kita inginkan
-          Klik dan tahan sambil ditarik (Drag) sampai ukuran radius yang kita inginkan misalnya : 5 lalu di lepas
-          Sehingga terbentuk Lingkaran sejajar dengan titik tengah dari Object yang sudah ada


Menggandakan Object (Copy)
-          Klik Object yang akan di gandakan
-          Ketik CO (COPY) lalu spasi
-          Posisikan dan klik Pointer pada titik tertentu dari Object sebagai awal tarikan untuk menggandakan Object
-          Kemudian Tarik sampai posisi tertentu kemudian klik kedua untuk menentukan titik akhir           
 
Melakukan Mirroring Object (Mirror)
-          Klik Object yang akan di Mirror
-          Kemudian ketik MI (MIRROR) lalu Tekan Spasi/ Enter
-          Cari titik penyeimbang untuk menggandakan Object lalu klik dan Tarik secukupnya sehingga terlihat object yang sudah di Mirror
-          Tekan Spasi/ Enter untuk Eksekusi

 

 
 
Melakukan Trim Object
-          Silahkan buat Object Lingkaran yang memotong gambar televise yang sudah di buat
-          Ketik TR(TRIM) lalu Spasi/Enter
-          Klik atau Drag Object yang menjadi pembatas untuk pemotongan Object Lingkaran lalu Spasi/Enter
-          Klik Object yang akan di potong lanjutkan pemotongan object pada sisi lain Object yang kita potong
-          Untuk membuang sisa Object yang ada di luar gambar monitor yang dibuat bisa dengan Melakukan Klik pada Object Sisa lingkaran tersebut kemudian Ketik E(ERASE) lalu Spasi/ Enter



Hasilnya menjadi sbb :

Membuat Ellipse
-          Melanjutkan gambar yang ada tambahkan satu cyrcle didalam monitor
-          Kemudian untuk menggambar planet saturnus yang ada cincin planetnya Ketik EL(ELLIPSE) dan Spasi/Enter
-          Mulai dari Klik dari titik awal yang di inginkan untuk lebar Ellipse (vertikal)
-          Tarik sampai posisi Akhir (arah bawah) lalu klik untuk menendakan sebagai titik akhir lebar Ellipse
-          Kemudian Klik dan Tarik horisontal kearah kanan untuk Panjang Ellipse
-          Setelah sampai pada posisi panjang Ellipse yang diinginkan Klik Kembali untuk mengakhiri pembuatan Object Ellipse
-          Lakukan sekali lagi untuk cincin kedua untuk lingkaran dalamnya
-          Lakukan trim lagi agar bentuknya menjadi lebih pantas
 
Membuat Spinline
-          Selanjutnya menggambar pulau dengan melanjutkan dari  Object yang sudah dibuat gunakan Fungsi Spinline à Ketik SPL(SPINLINE) lalu Spasi/Enter
-          Klik titik awal lalu klik setiap lekukan pembuatan pulau
-          Double Click untuk mengakhiri pembuatan Spinline
 

Menggunakan Arsiran
-          Masih menggunakan Object yang sudah ada. Ketik H (HATCH) Spasi/Enter
-          Pilih Pattern lalu cari pola arsir yang diinginkan kemudian OK
-          Atur Lalu OK lagi lalu klik area yang ingin di Arsir. Selebihnya di atur dalam properties





1 comment:

  1. gan...
    kalau bentuk 3d relief diatas di buat dengan bidang melengkung bisa tidak ?
    kalau gambar contoh di atas kan datar

    ReplyDelete